Jumat, 14 Desember 2012

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENURUNNYA PRESTASI BELAJAR


A.    LATAR BELAKANG
Aktivitas belajar siswa tidak selamanya berlangsung wajar, kadang-kadang lancar dan kadang-kadang tidak, kadang-kadang cepat menangkap apa yang dipelajari, kadang-kadang terasa sulit untuk dipahami. Dalam hal semangat pun kadang-kadang tinggi dan kadang-kadang sulit untuk bisa berkosentrasi dalam belajar. Demikian kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap siswa atau pun mahasiswa dalam kehidupannya sehari-hari di dalam aktivitas belajar mengajar. Pada siswa atau pun mahasiswa menurunnya prestasi belajar adalah hal yang tidak diinginkan. Tetapi tidak mudah untuk bisa menghindari Banyaknya factor yang mempengaruhi menurunnya prestasi belajar oleh karena itu untuk bisa menghindari menurunnya prestasi lebih baik kita mengetahui apa saja factor yang mempengaruhi menurunnya prestasi tersebut.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa saja factor yang mempengaruhi menurunnya prestasi belajar?
C.     TUJUAN PENULISAN
Agar mengetahui apa saja yang mempengaruhi menurunnya prestasi belajar pada generasi muda dan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan oleh mahasiswa, para guru atau dosen dan juga pada orang tua. Jika prestasi belajar menurun maka para orang tua, dosen atau guru akan kecewa. Oleh karena itu lebih baik kita menghindari apa saja yang menyebabkan terjadinya menurun prestasi
D.    MANFAAT PENULISAN
Kita bisa menghindari apa saja yang menyebabkan terjadinya menurun prestasi belajar. Jika kita sudah mengetahui apa saja faktornya maka kita akan mencoba untuk menghindari factor tersebut. Karena menurunnya prestasi belajar sangat tidak diharapkan oleh mahasiswa ataupun siswa sekolah.




E.     TINJAUAN PUSTAKA
Faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, yaitu :
a. Faktor Internal (faktor dari dalam diri siswa), meliputi keadaan kondisi jasmani (fisiologis), dan kondisi rohani (psikologis)
b. Faktor Eksternal (faktor dari luar diri siswa), terdiri dari factor lingkungan, baik social dan non social dan faktor instrumental.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa di sekolahnya sifatnya relatif, artinya dapat berubah setiap saat. Hal ini terjadi karena prestasi belajar siswa sangat berhubungan dengan faktor yang mempengaruhinya, faktor-faktor tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Kelemahan salah satu faktor, akan dapat mempengaruhikeberhasilan seseorang dalam belajar. Dengan demikian, tinggi rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa di sekolah didukung oleh factor internaldan eksternal seperti tersebut di atas.
Prestasi belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu.Tentang apa yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar, ada juga yang menyebutkan dengan istilah hasil belajar
Belajar adalah “suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.”
F.      KESIMPULAN
Faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar Faktor Internal, Faktor Eksternal. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa di sekolahnya sifatnya relatif, artinya dapat berubah setiap saat. Hal ini terjadi karena prestasi belajar siswa sangat berhubungan dengan faktor yang mempengaruhinya, faktor-faktor tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Prestasi belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode tertentu.
SARAN
Kita sebaiknya menghindari apa yang membuat prestasi belajar menjadi turun agar .
KUISIONER TENTANG FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENURUNNYA PRESTASI BELAJAR
1.       APAKAH ANDA SELALU SARAPAN PAGI SEBELUM BERANGKAT SEKOLAH?
A.      YA
B.      TIDAK
2.       APAKAH ANDA MENYUKAI LINGKUNGAN SEKOLAH?
A.      YA
B.      TIDAK
3.       APAKAH SARANA DAN PRASARANA UNTUK BELAJAR DISEKOLAH ANDA LENGKAP?
A.      YA
B.      TIDAK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar