PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Dalam
dunia pendidikan, kedisiplinan merupakan harga mati yang harus dibayar oleh
mahasiswa. Hal ini harus kita lakukan sebab pengaruh disiplin terhadap prestasi
belajar sangatlah besar. Ini bukanlah ancaman tetapi sekedar pengkondisian agar
tumbuh dan berkembang sikap disiplin pada pola kehidupan mahasiswa. Disiplin waktu
juga berpengaruh terhadap peningkatan belajar jika mahasiswa selalu terlambat
dating pada waktu perkuliahan maka akan berpengaruh pada pengetahuan yang ia
terima. Semakin lama ia terlambat datang maka akan semakin banyak pula ia
tertinggal pada mata kuliah yang diajarkan. Kurangnya kesadaran pada mahasiswa
membuat mereka menyepelekan tetang disiplin tersebut dan tanpa mereka sadari
bahwa disiplin tersebut juga mempengaruhi hasil prestasi belajar mereka dan
menurunnya prestasi mereka juga berpengaruh pada sumber daya manusia yang masih
banyak diperlukan oleh Negara kita
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
yang menyebabkan disiplin mempengaruhi prestasi belajar?
C. TUJUAN
PENULISAN
Untuk
mengetahui apakah disiplin waktu berpengaruh pada prestasi belajar. Agar tidak
terjadi hal yang tidak diinginkan maka menyadarkan pada mahasiswa bahwa
pentingnya sikap disiplin di tanamkan. Orang yang disiplin sangat diperlukan
oleh siapa pun. Pada dunia kerja juga memperhatikan karyawan yang memilki sikap
dispilin. Agar prestasi meningkat kita harus melaksanakan disiplin yang ketat
karena disiplin juga berguna bagi kita
D. MANFAAT
PENULISAN
Agar
para mahasiswa mengetahui bahwa displin sangat penting bagi diri sendiri
terutama bagi prestasi belajar mereka. Dan manfaatnya juga bisa dirasakan oleh
Negara karena para generasi muda memiliki prestasi yang bisa dibanggakan.
E. TINJAUAN
PUSTAKA
Disiplin
adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari
serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan,
kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban. Nilai-nilai tersebut telah menjadi
bagian perilaku dalam kehidupannya. Perilaku itu tercipta melalui proses binaan
melalui keluarga, pendidikan dan pengalaman.
Prestasi
belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta
didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti
proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari
penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun
kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada
periode tertentu.
Winkel (1996:226) mengemukakan
bahwa prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh
seseorang. Maka prestasi belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh
seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PRESTASI BELAJAR
Untuk
mencapai prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan, maka perlu
diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain:
- Faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor intern) :Faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, adapun yang dapat digolongkan ke dalam faktor intern yaitu kecedersan/intelegensi, bakat, minat dan motivasi. Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri anak bersifat biologis.
- Faktor yang terdiri dari luar siswa (faktor ekstern) : Faktor ekstern adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang sifatnya di luar diri siswa, yaitu beberapa pengalaman-pengalaman, keadaan keluarga, lingkungan sekitarnya dan sebagainya. Pengaruh lingkungan ini pada umumnya bersifat positif dan tidak memberikan paksaan kepada individu.
HUBUNGAN DISIPLIN WAKTU DENGAN
PRESTASI BELAJAR
Pada
dasarnya prestasi belajar setiap orang itu berbeda, antara orang yang satu
dengan yang lainnya itu tidak sama. Hal ini terjadi disebabkan karena adanya
faktor yang ada dalam diri individu (faktor intern) dan faktor di luar individu
(faktor ekstern). Dengan adanya kedua faktor tersebutlah yang dapat
mempengaruhi tingkat prestasi seseorang. Disamping kedua faktor tersebut, masih
ada faktor lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang, misalnya
kedisiplinan waktu.
Sedangkan
mahasiswa yang tidak memiliki disiplin diri dalam waktu, biasanya hal ini akan
membuat mereka menjadi orang yang lamban dalam menangkap pelajaran yang diajarkandikarenakan
mereka sudah ketinggalan pelajaran. Tanpa adanya disiplin terhadap waktu, hal
ini akan membuat mahasiswa menjadi kurang semangat dalam belajar. Dan tanpa
disiplin dalam belajar tentu akan membuat siswa mengalami kesulitan dalam
mengikuti proses belajar mengajar. Sehingga keadaan ini akan berakibat pada
prestasi belajarnya yang akan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan
F.
PENUTUP
KESIMPULAN
Prestasi
belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta
didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti
proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari
penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun
kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada
periode tertentu.
Pada dasarnya prestasi belajar setiap orang itu berbeda, antara orang yang satu
dengan yang lainnya itu tidak sama. Sedangkan mahasiswa
yang tidak memiliki disiplin diri dalam waktu, biasanya hal ini akan membuat
mereka menjadi orang yang lamban dalam menangkap pelajaran yang diajarkan
dikarenakan mereka sudah ketinggalan pelajaran. Tanpa adanya disiplin terhadap
waktu, hal ini akan membuat mahasiswa menjadi kurang semangat dalam belajar.
SARAN
Sebaiknya
mahasiswa memperhatikan tentang disiplin bagi dirinya agar prestasi yang ia
hasilkan juga meningat.
KUISIONER TENTANG PENGARUH
DISIPLIN WAKTU TERHADAP PRESTASI MAHASISWA
1. APAKAH
ANDA MEMILIKI JADWAL KEGIATAN YANG TERATUR?
A.
YA
B.
TIDAK
2. APAKAH
ANDA SELALU TEPAT WAKTU KETIKA MASUK SEKOLAH?
A.
YA
B.
TIDAK
3. APAKAH
ANDA MERASA SENANG KETIKA ADA HUKUMAN JIKA TIDAK DISIPLIN?
A.
YA
B.
TIDAK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar