Jumat, 14 Desember 2012

HUBUNGAN TINGKAH LAKU PENGEMUDI DAN KECELAKAAN LALU LINTAS”


A.    LATAR BELAKANG
Yang dimaksud dengan kecelakaan lalu lintas berdasarkan ketentuan yang ditetapkan dalam pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 ayat 1 adalah: “Suatu peristiwa dijalan yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda”
Pada Negara maju kecelakaan lalu lintas adalah penyumbang terbesar kematian penduduk. kecelakaan bisa disebabkan oleh beberapa factor salah satunya adalah dari factor prilaku pengendaranya sendiri. banyaknya jumlah kecelakan lalu lintas tidak juga menyadarkan masyarakat untuk berhati-hati saat bepergian. Karna itu perlunya kesadaran pada masyarakat akan kesehatan dan sangat berharganya organ tubuh yang lengkap menyadarkan kita untuk berhati-hati saat menggunakan jalan raya Kecelakaan bisa menyebabkan hilangnya atau cacatnya organ tubuh kita.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan?
C.     TUJUAN PENULISAN
Untuk meyadarkan masyarakat tentang pentingnya tubuh yang sehat oleh karena itu sebaiknya kita menghindari adanya kecelakaan yang disebabkan oleh diri sendiri atau orang lain. Pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas juga akan berguna bagi diri sendiri. Dan untuk memberi informasi atas factor apa saja yang membuat kecelakaan terjadi.
D.    MANFAAT PENULISAN
Agar jumlah kecelakaan berkurang dan kesehatan menjadi meningkat dan juga peraturan menjadi berfungsi karna dipatuhi oleh pengendara lalu lintas.



E.     TINJAUAN PUSTAKA
Yang dimaksud dengan kecelakaan lalu lintas berdasarkan ketentuan yang ditetapkan dalam pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 ayat 1 adalah:
“Suatu peristiwa dijalan yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda”
Di negara maju, kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama kematian untuk semua kelompok umur, kecuali untuk mereka yang sangat tua. Gejala inipun sekarang dialami oleh negara-negara berkembang. Pengamatan umum menunjukan, bahwa tingkat keselamatan lalu lintas meningkat seiring dengan naiknya tingkat kepemilikan kendaraan. Tingkat keselamatan disini diukur dengan banyaknya jumlah korban.
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN
Kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan hasil interaksi antar faktor lain. Hal-hal yang tercakup dalam faktor-faktor tersebut antar lain:
A.    Faktor Pengemudi ; kondisi fisik (mabuk, lelah, sakit, dsb), kemampuan mengemudi, penyebrang atau pejalan kaki yang lengah, dll.
B.     Faktor Kendaraan ; kondisi mesin, rem, lampu, ban, muatan, dll.
C.     Faktor Lingkungan Jalan ; desain jalan (median, gradien, alinyemen, jenis permukaan, dsb), kontrol lalu lintas (marka, rambu, lampu lalu lintas), dll.
D.    Faktor Cuaca ; hujan, kabut, asap, salju, dll.
Pada dasarnya faktor-faktor tersebut berkaitan atau saling menunjang bagi terjadinya kecelakaan. Namun, dengan diketahuinya faktor penyebab kecelakaan yang utama dapat ditentukan langkah-langkah penanggulangan untuk menurunkan jumlah kecelakaan.
FAKTOR FISIOLOGIS DAN FAKTOR PSIKOLOGIS (PENGEMUDI)
Sistim syaraf, Penglihatan, Pendengaran Stabilitas Perasaan, Indera Lain (sentuh, bau), Modifikasi (lelah, obat), Motivasi, Intelegensia, Pelajaran/Pengalaman, Emosi, Kedewasaan, Kebiasaan
PRILAKU PENGENDARA YANG HARUS DIUBAH
Menelpon atau Sms, Naik Ke Atas Trotoar, Belok Tanpa Melihat, Lampu Sein Ke Kiri Tapi Belok Ke Kanan, Pelan Di Jalur Cepat, Melawan Arus, Membawa Lebih Dari 2 Penumpang, Sradak – Sruduk, Menginjak Zebra Cross, Bergerombol Di Lampu Merah.
E.     PENUTUP
KESIMPULAN
Kecelakaan lalu lintas adalah :“Suatu peristiwa dijalan yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda”
Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan : Faktor Pengemudi, Faktor Lingkungan Jalan, Faktor Kendaraan, Faktor Cuaca.dan pengendara harus merubah kebiasaannya yang dapat mencelakai diri mereka.
SARAN
Sebaiknya para penggendara lebih mematuhi peraturan lalu lintas agar mereka tidak mengalami kecelakaan tersebut yang dapat mengakibatkan kecatatan jika mengaalami kecelakaan berat.

KUISIONER TENTANG HUBUNGAN PRILAKU PENGENDARA TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS
1.       APAKAH SAAT ANDA MEMATUHI PERATURAN SAAT BERKENDARAAN?
A.      YA
B.      TIDAK
2.       APAKAH ANDA SELALU MEMPERHATIKAN PERATURAN YANG ADA DI JALAN?
A.      YA
B.      TIDAK
3.       APAKAH ANDA SELALU MEMERIKSA KENDARAAN ANDA KETIKA AKAN BEPERGIAN?
A.      YA
B.      TIDAK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar