Jumat, 18 Januari 2013
Jumat, 14 Desember 2012
HUBUNGAN TINGKAH LAKU PENGEMUDI DAN KECELAKAAN LALU LINTAS”
A. LATAR
BELAKANG
Yang
dimaksud dengan kecelakaan lalu lintas berdasarkan ketentuan yang ditetapkan
dalam pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 ayat 1 adalah: “Suatu
peristiwa dijalan yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan
kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya mengakibatkan korban manusia
atau kerugian harta benda”
Pada
Negara maju kecelakaan lalu lintas adalah penyumbang terbesar kematian
penduduk. kecelakaan bisa disebabkan oleh beberapa factor salah satunya adalah
dari factor prilaku pengendaranya sendiri. banyaknya jumlah kecelakan lalu
lintas tidak juga menyadarkan masyarakat untuk berhati-hati saat bepergian.
Karna itu perlunya kesadaran pada masyarakat akan kesehatan dan sangat
berharganya organ tubuh yang lengkap menyadarkan kita untuk berhati-hati saat
menggunakan jalan raya Kecelakaan bisa menyebabkan hilangnya atau cacatnya
organ tubuh kita.
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Faktor
apa saja yang mempengaruhi terjadinya kecelakaan?
C. TUJUAN
PENULISAN
Untuk
meyadarkan masyarakat tentang pentingnya tubuh yang sehat oleh karena itu
sebaiknya kita menghindari adanya kecelakaan yang disebabkan oleh diri sendiri
atau orang lain. Pentingnya mematuhi peraturan berlalu lintas juga akan berguna
bagi diri sendiri. Dan untuk memberi informasi atas factor apa saja yang
membuat kecelakaan terjadi.
D. MANFAAT
PENULISAN
Agar
jumlah kecelakaan berkurang dan kesehatan menjadi meningkat dan juga peraturan
menjadi berfungsi karna dipatuhi oleh pengendara lalu lintas.
E. TINJAUAN
PUSTAKA
Yang
dimaksud dengan kecelakaan lalu lintas berdasarkan ketentuan yang ditetapkan
dalam pasal 93 Peraturan Pemerintah Nomor 43 tahun 1993 ayat 1 adalah:
“Suatu
peristiwa dijalan yang tidak disangka-sangka dan tidak disengaja melibatkan
kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya mengakibatkan korban manusia
atau kerugian harta benda”
Di
negara maju, kecelakaan lalu lintas merupakan penyebab utama kematian untuk
semua kelompok umur, kecuali untuk mereka yang sangat tua. Gejala inipun
sekarang dialami oleh negara-negara berkembang. Pengamatan umum menunjukan,
bahwa tingkat keselamatan lalu lintas meningkat seiring dengan naiknya tingkat
kepemilikan kendaraan. Tingkat keselamatan disini diukur dengan banyaknya
jumlah korban.
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KECELAKAAN
Kecelakaan
yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja,
melainkan hasil interaksi antar faktor lain. Hal-hal yang tercakup dalam
faktor-faktor tersebut antar lain:
A. Faktor
Pengemudi ; kondisi fisik (mabuk, lelah, sakit, dsb), kemampuan mengemudi,
penyebrang atau pejalan kaki yang lengah, dll.
B. Faktor
Kendaraan ; kondisi mesin, rem, lampu, ban, muatan, dll.
C. Faktor
Lingkungan Jalan ; desain jalan (median, gradien, alinyemen, jenis permukaan,
dsb), kontrol lalu lintas (marka, rambu, lampu lalu lintas), dll.
D. Faktor
Cuaca ; hujan, kabut, asap, salju, dll.
Pada
dasarnya faktor-faktor tersebut berkaitan atau saling menunjang bagi terjadinya
kecelakaan. Namun, dengan diketahuinya faktor penyebab kecelakaan yang utama
dapat ditentukan langkah-langkah penanggulangan untuk menurunkan jumlah
kecelakaan.
FAKTOR FISIOLOGIS DAN
FAKTOR PSIKOLOGIS (PENGEMUDI)
Sistim
syaraf, Penglihatan, Pendengaran Stabilitas Perasaan, Indera Lain (sentuh, bau),
Modifikasi (lelah, obat), Motivasi, Intelegensia, Pelajaran/Pengalaman, Emosi, Kedewasaan,
Kebiasaan
PRILAKU
PENGENDARA YANG HARUS DIUBAH
Menelpon
atau Sms, Naik Ke Atas Trotoar, Belok Tanpa Melihat, Lampu Sein Ke Kiri Tapi
Belok Ke Kanan, Pelan Di Jalur Cepat, Melawan Arus, Membawa Lebih Dari 2
Penumpang, Sradak – Sruduk, Menginjak Zebra Cross, Bergerombol Di Lampu Merah.
E. PENUTUP
KESIMPULAN
Kecelakaan
lalu lintas adalah :“Suatu peristiwa dijalan yang tidak disangka-sangka dan
tidak disengaja melibatkan kendaraan dengan atau tanpa pemakai jalan lainnya
mengakibatkan korban manusia atau kerugian harta benda”
Faktor-faktor Penyebab Kecelakaan : Faktor
Pengemudi, Faktor Lingkungan Jalan, Faktor Kendaraan, Faktor Cuaca.dan
pengendara harus merubah kebiasaannya yang dapat mencelakai diri mereka.
SARAN
Sebaiknya para penggendara lebih mematuhi peraturan
lalu lintas agar mereka tidak mengalami kecelakaan tersebut yang dapat
mengakibatkan kecatatan jika mengaalami kecelakaan berat.
KUISIONER TENTANG HUBUNGAN
PRILAKU PENGENDARA TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS
1. APAKAH
SAAT ANDA MEMATUHI PERATURAN SAAT BERKENDARAAN?
A.
YA
B.
TIDAK
2. APAKAH
ANDA SELALU MEMPERHATIKAN PERATURAN YANG ADA DI JALAN?
A.
YA
B.
TIDAK
3. APAKAH
ANDA SELALU MEMERIKSA KENDARAAN ANDA KETIKA AKAN BEPERGIAN?
A.
YA
B.
TIDAK
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MENURUNNYA PRESTASI BELAJAR
A. LATAR
BELAKANG
Aktivitas
belajar siswa tidak selamanya berlangsung wajar, kadang-kadang lancar dan
kadang-kadang tidak, kadang-kadang cepat menangkap apa yang dipelajari,
kadang-kadang terasa sulit untuk dipahami. Dalam hal semangat pun kadang-kadang
tinggi dan kadang-kadang sulit untuk bisa berkosentrasi dalam belajar. Demikian
kenyataan yang sering kita jumpai pada setiap siswa atau pun mahasiswa dalam
kehidupannya sehari-hari di dalam aktivitas belajar mengajar. Pada
siswa atau pun mahasiswa menurunnya prestasi belajar adalah hal yang tidak
diinginkan. Tetapi tidak mudah untuk bisa menghindari Banyaknya factor yang
mempengaruhi menurunnya prestasi belajar oleh karena itu untuk bisa menghindari
menurunnya prestasi lebih baik kita mengetahui apa saja factor yang
mempengaruhi menurunnya prestasi tersebut.
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
saja factor yang mempengaruhi menurunnya prestasi belajar?
C. TUJUAN
PENULISAN
Agar
mengetahui apa saja yang mempengaruhi menurunnya prestasi belajar pada generasi
muda dan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan oleh mahasiswa, para guru
atau dosen dan juga pada orang tua. Jika prestasi belajar menurun maka para
orang tua, dosen atau guru akan kecewa. Oleh karena itu lebih baik kita
menghindari apa saja yang menyebabkan terjadinya menurun prestasi
D. MANFAAT
PENULISAN
Kita
bisa menghindari apa saja yang menyebabkan terjadinya menurun prestasi belajar.
Jika kita sudah mengetahui apa saja faktornya maka kita akan mencoba untuk menghindari
factor tersebut. Karena menurunnya prestasi belajar sangat tidak diharapkan
oleh mahasiswa ataupun siswa sekolah.
E. TINJAUAN
PUSTAKA
Faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar,
yaitu :
a. Faktor Internal (faktor dari dalam diri siswa),
meliputi keadaan kondisi jasmani (fisiologis), dan kondisi rohani (psikologis)
b. Faktor Eksternal (faktor dari luar diri
siswa), terdiri dari factor lingkungan, baik social dan non social dan faktor
instrumental.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa
prestasi belajar siswa di sekolahnya sifatnya relatif, artinya dapat berubah
setiap saat. Hal ini terjadi karena prestasi belajar siswa sangat berhubungan
dengan faktor yang mempengaruhinya, faktor-faktor tersebut saling berkaitan
antara yang satu dengan yang lainnya. Kelemahan salah satu faktor, akan dapat
mempengaruhikeberhasilan seseorang dalam belajar. Dengan demikian, tinggi
rendahnya prestasi belajar yang dicapai siswa di sekolah didukung oleh factor internaldan
eksternal seperti tersebut di atas.
Prestasi
belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta
didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti
proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari
penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun
kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada
periode tertentu.Tentang apa yang telah dicapai oleh siswa
setelah melakukan kegiatan belajar, ada juga yang menyebutkan dengan istilah
hasil belajar
Belajar
adalah “suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil
pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.”
F. KESIMPULAN
Faktor yang mempengaruhi proses dan
hasil belajar Faktor Internal, Faktor Eksternal. Dari uraian di atas dapat
disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa di sekolahnya sifatnya relatif,
artinya dapat berubah setiap saat. Hal ini terjadi karena prestasi belajar
siswa sangat berhubungan dengan faktor yang mempengaruhinya, faktor-faktor
tersebut saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.
Prestasi belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap
peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah
mengikuti proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran
dari penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun
kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada periode
tertentu.
SARAN
Kita sebaiknya menghindari apa yang
membuat prestasi belajar menjadi turun agar .
KUISIONER TENTANG FAKTOR YANG
MEMPENGARUHI MENURUNNYA PRESTASI BELAJAR
1. APAKAH
ANDA SELALU SARAPAN PAGI SEBELUM BERANGKAT SEKOLAH?
A.
YA
B.
TIDAK
2. APAKAH
ANDA MENYUKAI LINGKUNGAN SEKOLAH?
A.
YA
B.
TIDAK
3. APAKAH
SARANA DAN PRASARANA UNTUK BELAJAR DISEKOLAH ANDA LENGKAP?
A.
YA
B.
TIDAK
HUBUNGAN DISIPLIN WAKTU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Dalam
dunia pendidikan, kedisiplinan merupakan harga mati yang harus dibayar oleh
mahasiswa. Hal ini harus kita lakukan sebab pengaruh disiplin terhadap prestasi
belajar sangatlah besar. Ini bukanlah ancaman tetapi sekedar pengkondisian agar
tumbuh dan berkembang sikap disiplin pada pola kehidupan mahasiswa. Disiplin waktu
juga berpengaruh terhadap peningkatan belajar jika mahasiswa selalu terlambat
dating pada waktu perkuliahan maka akan berpengaruh pada pengetahuan yang ia
terima. Semakin lama ia terlambat datang maka akan semakin banyak pula ia
tertinggal pada mata kuliah yang diajarkan. Kurangnya kesadaran pada mahasiswa
membuat mereka menyepelekan tetang disiplin tersebut dan tanpa mereka sadari
bahwa disiplin tersebut juga mempengaruhi hasil prestasi belajar mereka dan
menurunnya prestasi mereka juga berpengaruh pada sumber daya manusia yang masih
banyak diperlukan oleh Negara kita
B. RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
yang menyebabkan disiplin mempengaruhi prestasi belajar?
C. TUJUAN
PENULISAN
Untuk
mengetahui apakah disiplin waktu berpengaruh pada prestasi belajar. Agar tidak
terjadi hal yang tidak diinginkan maka menyadarkan pada mahasiswa bahwa
pentingnya sikap disiplin di tanamkan. Orang yang disiplin sangat diperlukan
oleh siapa pun. Pada dunia kerja juga memperhatikan karyawan yang memilki sikap
dispilin. Agar prestasi meningkat kita harus melaksanakan disiplin yang ketat
karena disiplin juga berguna bagi kita
D. MANFAAT
PENULISAN
Agar
para mahasiswa mengetahui bahwa displin sangat penting bagi diri sendiri
terutama bagi prestasi belajar mereka. Dan manfaatnya juga bisa dirasakan oleh
Negara karena para generasi muda memiliki prestasi yang bisa dibanggakan.
E. TINJAUAN
PUSTAKA
Disiplin
adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari
serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan,
kesetiaan, keteraturan dan atau ketertiban. Nilai-nilai tersebut telah menjadi
bagian perilaku dalam kehidupannya. Perilaku itu tercipta melalui proses binaan
melalui keluarga, pendidikan dan pengalaman.
Prestasi
belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta
didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti
proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari
penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun
kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada
periode tertentu.
Winkel (1996:226) mengemukakan
bahwa prestasi belajar merupakan bukti keberhasilan yang telah dicapai oleh
seseorang. Maka prestasi belajar merupakan hasil maksimum yang dicapai oleh
seseorang setelah melaksanakan usaha-usaha belajar.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PRESTASI BELAJAR
Untuk
mencapai prestasi belajar siswa sebagaimana yang diharapkan, maka perlu
diperhatikan beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara lain:
- Faktor yang terdapat dalam diri siswa (faktor intern) :Faktor intern adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu itu sendiri, adapun yang dapat digolongkan ke dalam faktor intern yaitu kecedersan/intelegensi, bakat, minat dan motivasi. Faktor-faktor yang berasal dari dalam diri anak bersifat biologis.
- Faktor yang terdiri dari luar siswa (faktor ekstern) : Faktor ekstern adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar yang sifatnya di luar diri siswa, yaitu beberapa pengalaman-pengalaman, keadaan keluarga, lingkungan sekitarnya dan sebagainya. Pengaruh lingkungan ini pada umumnya bersifat positif dan tidak memberikan paksaan kepada individu.
HUBUNGAN DISIPLIN WAKTU DENGAN
PRESTASI BELAJAR
Pada
dasarnya prestasi belajar setiap orang itu berbeda, antara orang yang satu
dengan yang lainnya itu tidak sama. Hal ini terjadi disebabkan karena adanya
faktor yang ada dalam diri individu (faktor intern) dan faktor di luar individu
(faktor ekstern). Dengan adanya kedua faktor tersebutlah yang dapat
mempengaruhi tingkat prestasi seseorang. Disamping kedua faktor tersebut, masih
ada faktor lainnya yang dapat mempengaruhi prestasi belajar seseorang, misalnya
kedisiplinan waktu.
Sedangkan
mahasiswa yang tidak memiliki disiplin diri dalam waktu, biasanya hal ini akan
membuat mereka menjadi orang yang lamban dalam menangkap pelajaran yang diajarkandikarenakan
mereka sudah ketinggalan pelajaran. Tanpa adanya disiplin terhadap waktu, hal
ini akan membuat mahasiswa menjadi kurang semangat dalam belajar. Dan tanpa
disiplin dalam belajar tentu akan membuat siswa mengalami kesulitan dalam
mengikuti proses belajar mengajar. Sehingga keadaan ini akan berakibat pada
prestasi belajarnya yang akan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan
F.
PENUTUP
KESIMPULAN
Prestasi
belajar di bidang pendidikan adalah hasil dari pengukuran terhadap peserta
didik yang meliputi faktor kognitif, afektif dan psikomotor setelah mengikuti
proses pembelajaran. Jadi prestasi belajar adalah hasil pengukuran dari
penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, huruf maupun
kalimat yang menceritakan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak pada
periode tertentu.
Pada dasarnya prestasi belajar setiap orang itu berbeda, antara orang yang satu
dengan yang lainnya itu tidak sama. Sedangkan mahasiswa
yang tidak memiliki disiplin diri dalam waktu, biasanya hal ini akan membuat
mereka menjadi orang yang lamban dalam menangkap pelajaran yang diajarkan
dikarenakan mereka sudah ketinggalan pelajaran. Tanpa adanya disiplin terhadap
waktu, hal ini akan membuat mahasiswa menjadi kurang semangat dalam belajar.
SARAN
Sebaiknya
mahasiswa memperhatikan tentang disiplin bagi dirinya agar prestasi yang ia
hasilkan juga meningat.
KUISIONER TENTANG PENGARUH
DISIPLIN WAKTU TERHADAP PRESTASI MAHASISWA
1. APAKAH
ANDA MEMILIKI JADWAL KEGIATAN YANG TERATUR?
A.
YA
B.
TIDAK
2. APAKAH
ANDA SELALU TEPAT WAKTU KETIKA MASUK SEKOLAH?
A.
YA
B.
TIDAK
3. APAKAH
ANDA MERASA SENANG KETIKA ADA HUKUMAN JIKA TIDAK DISIPLIN?
A.
YA
B.
TIDAK
Langganan:
Postingan (Atom)